5 + 1 Tips Merawat Jam Tangan Biar Awet

Jam tangan yang awet, tentu menjadi harapan pemiliknya. Terlebih lagi kalau membelinya dengan harga yang terbilang mahal. Berikut ini 5 + 1 tips merawat jam tangan kesayangan, biar selalu awet dalam jangka panjang. Lalu bagi teman-teman yang lagi hunting jam tangan dengan kualitas terbaik, untuk self reward maupun hadiah, jam tangan alexandre christie bisa menjadi pilihan. Mari simak rekomendasinya.

Tips Merawat Jam Tangan
5 + 1 Tips Merawat Jam Tangan Biar Awet

Apa kabar, teman-teman?

Selain digunakan berdasarkan fungsinya, yaitu untuk mengecek waktu, “Sekarang udah jam berapa yaaa… Pulang kerja berapa lama lagi yaaa, ehhh…” Jam tangan juga bisa dijadikan aksesoris, layaknya perhiasan pada pergelangan tangan.


Dalam 1 orang, ada yang memiliki beragam jam tangan. Selain tentunya karena banyak duit, jam tangan juga mereka gunakan sesuai dengan kebutuhan dan penampilan. Misalnya kalau pas lagi olahraga, biasanya jam tangan yang digunakan itu yang cukup tahan sinar matahari serta air. Karena saat olahraga, lengan kan jadi berkeringat, yes.

Kemudian saat bekerja, biasanya jam tangan yang digunakan itu yang memiliki kesan formal, serta tampilannya pun lebih simple. Biasanya kayak jam tangan kulit gitu ya. Lalu pada saat hang out atau traveling, jam tangan dengan tampilan casual nan simple, akan lebih menarik digunakan.

Saat menghadiri resepsi, gala dinner, maupun pesta lainnya, barulah digunakan jam tangan yang memberi kesan mewah. Biasanya jam tangan berbahan stainless steel nih yang digunakan, biar berkilau-kilau…

Memiliki jam tangan yang beragam, tentu alangkah baiknya dirawat semaksimal mungkin. Walau branded dengan harga yang terbilang mahal, tapi kalau menggunakan serta menyimpannya asal-asalan, tentu akan jadi cepat jelek atau rusak juga. Apalagi kalau yang kita beli itu modelnya timeless. Kan sayang banget ya kalau cepat jelek dan rusak. 

Begitupun kalau jam tangan yang kita gunakan cuman 1 untuk segala suasana. Tentunya harus dirawat sebaik mungkin juga. Udah cuman 1, rusak pula, haduhhh… 


Bagaimana Cara Merawat Jam Tangan yang Tepat?

Merawat jam tangan kesayangan biar tetap cantik dan berfungsi dengan baik, sebenernya nggak sulit. Asalkan cukup telaten melakukannya. Berikut ini 5 + 1 tips merawat jam tangan biar selalu awet, dalam waktu yang cukup lama. 


Hindari Sinar Matahari Langsung

Teman-teman yang bekerja maupun saat olahraga pada outdoor area, biasanya akan berpaparan dengan sinar matahari langsung. Nah panasnya matahari ini juga bisa bikin warna jam tangan jadi cepat pudar.

Udah gitu, suhu panas matahari juga bisa bikin jam tangan jadi bekerja lebih ekstra, nah baterainya jadi cepat abis deh.

Jadi alangkah baiknya, kalau pas lagi melakukan kegiatan outdoor saat matahari lagi garang-garangnya, dilepas aja dulu jam tangannya. Simpan dalam kotak penyimpanan, biar aman dari goresan juga.


Jangan Sampai Terkena Parfum

Adakalanya seseorang juga menyemprotkan parfum pada pergelangan tangan. Parfum yang mengandung bahan kimia, bisa bikin jam tangan jadi mudah leleh dan bengkok. Karena memang komponen dalam jam tangan ini kan kecil dan rapuh. Mungkin kalau dari tampilan luar nggak kelihatan ya.

Terutama jam tangan yang berbahan stainless steel dan kulit, sangat nggak disarankan untuk terkena parfum, maupun bahan kimia lainnya. Begitupun saat membersihkannya ya.

Jadi misalnya teman-teman menyemprotkan parfum pada pergelangan tangan, tunggu sampai benar-benar kering dulu. Baru deh dipakai jam tangannya.


Bila Terkena Air, Keringkan Dengan Tepat

Walau jam tangan jaman sekarang umumnya udah tahan air, tapi kemampuan water-resistant nya itu bisa beda-beda, tergantung jenis dan kualitasnya. 

Nah kalau misalnya jam tangan terlihat mengembun, keringkan dengan lap microfiber, atau handuk yang lembut. Sampai nanti udah nggak terlihat lagi uap airnya.


Hindarkan dari Magnet

Karena komposisinya sebagian besar terbuat dari besi, makanya jam tangan jadi mudah ditarik oleh magnet, Kalau udah berdekatan dengan magnet ini, bisa bikin jam tangan jadi cepat rusak. Nanti perpindahan waktunya ini bisa jadi ngaco.

Repot kan ntar kalo janjian, eh jam tangan kita ternyata ngaco, hahah…


Simpan Dalam Kotak yang Tepat

Saat pulang dan jam tangan dilepas, jangan diletakkan di meja begitu aja, tapi simpan dalam kotak penyimpanan khusus jam tangan. Gunakan kotak yang tampilan luarnya kokoh, serta bagian dalamnya ada bantalan yang lembut.

Biar jam tangan kesayangan jadi bersih dari debu, serta aman dari benturan.


Bersihkan dengan Cara yang Tepat

Jangan lupa juga untuk membersihkan jam tangan secara rutin. Karena walau udah digunakan dan disimpan sebaik mungkin, adakalanya jam tangan kesayangan tetap terkena debu, serta kotoran lainnya.

Membersihkan jam tangan, bisa dengan cara melepas bagian strap-nya, kemudian rendam pada air sabun beberapa saat, setelah itu gosok pelan-pelan. Tapi kalau jam tangannya berbahan stainless steel, cukup semprot air aja kemudian keringkan dengan lap microfiber.


Oke, itu dia tips merawat jam tangan biar tetap awet dalam jangka waktu yang lama. Selanjutnya, bagi teman-teman yang mungkin ingin mengganti, menambah koleksi, atau memberi hadiah jam tangan pada seseorang, berikut ini 3 rekomendasi jam tangan berkualitas baik, dengan tampilan yang kece pula.


3 Rekomendasi Jam Tangan Berkualitas Baik dari Alexandre Christie

Alexandre Christie merupakan brand jam tangan yang juga pioneer dalam kancah sport watch modern. Terbuat dari bahan stainless steel yang berkualitas tinggi, jam tangan Alexandre Christie hadir untuk pria dan wanita.

Self-minding mechanical atau quartz movement yang terpercaya, juga turut menjadikan Alexandre Christie sebagai brand jam tangan yang berkualitas baik.

Selain itu, jam tangan Alexandre Christie juga memiliki keunggulan anti magnet, anti guncangan, serta tahan air.

Selain keunggulan kualitasnya, tampilannya pun juga nggak kalah menawan. Jadi bingung mau ngincer yang mana, haha… Semua cantik-cantik banget. 

Dari beragam pilihan jam tangan wanita, saya ingin merekomendasikan 3 jam tangan favorit saya dari Alexandre Christie. Ini dia di antaranya:


Alexandre Christie AC Digital

Alexandre Christie 1
Alexandre Christie 1


Alexandre Christie Digi AC 9335 LH RRGBU Ladies Digital Dial Blue Rubber Strap

Jam tangan digital yang tampilannya langsung dalam bentuk angka, dengan diameter 37 MM, tebalnya 11 MM, serta lebarnya 18 MM.

Saya suka dengan warna biru lautnya yang terkesan cool. Tapi warna rose gold-nya juga ada.

Tampilannya casual nan sporty dengan strap yang terbuat dari karet, case material-nya dari stainless steel, serta glass material-nya dari mineral crystal. Kemudian pengaitnya ala gesper.

Lalu water ressistant-nya 30 meters / 3 ATM / 3 BAR

Ini cocok banget digunakan dalam kegiatan informal, misalnya olahraga, hang out, traveling, maupun kegiatan kampus juga keren banget.


Alexandre Christie AC Classic

Alexandre Christie 2
Alexandre Christie 2


Alexandre Christie Classic Steel AC 5012 LD BRGMS Mop Dial Rose Gold Stainless Steel Strap

Tampilannya yang klasik dan full stainless steel, membuat jam tangan ini terlihat mewah banget. Cocok sekali untuk digunakan ke pesta, gala dinner, maupun acara formal nan mewah lainnya. 

Bagi teman-teman penyuka perhiasan warna putih, jam tangan ini rasanya pas banget, karena warnanya mother of pearl. Tapi warna rose gold-nya juga ada.


Alexandre Christie AC Passion

Alexandre Christie 3
Alexandre Christie 3


Alexandre Christie Passion AC 2A15 LD BRGSLRE Silver Dial – Dual Tone Stainless Steel Ceramic Strap

Selain terpesona dengan warnanya yang merah elegan, saya juga suka banget dengan strap material-nya dengan perpaduan stainless steel dan ceramic. Buat saya ini unik. Sementara kalau case material-nya stainless steel

Ini cocok digunakan saat bekerja kantoran, meeting dengan client, tapi untuk ke pesta pun rasanya pantas juga. Tampilannya juga terlihat mewah.

Selain merah elegan ini, juga ada warna rose gold dan silver.

Dalam 1 box-nya, nanti akan berisi jam tangan Alexandre Christie, kartu garansi, serta kotak penyimpanannya. Jadi pastikan belinya juga pada website yang aman, biar dapat produk yang original serta kartu garansinya.

Baca juga: Penampilanmu Auto-Upgrade Berkat Koleksi Jam Tangan Alexandre Christie Ini!


Oke, itu dia sharing saya tentang cara merawat jam tangan kesayangan biar selalu awet, serta rekomendasi jam tangan cantik dari Alexandre Christie. Moga bermanfaat bagi teman-teman semua. Makasih banyak ya udah mampir.


1 comment:

  1. Ih cakeeep AC yg merah 😍😍😍😍.

    Sbnrnya aku bukan tipe pemakai jam mba. Soalnya sering ilang 🤣🤣🤣🤣.. Makanya jd males pakai. Tp sesekali msh pake sih.

    Suami yg sukaaa bgt dan wajib pake jam. Kayak ada yg kurang kalo ga pake.

    Makanya koleksi dia banyak. Dan dirawat. Kalo dulu tiap beberapa bulan beli jam, skr agak ngerem. Krn akunya yg ga setuju kalo jam dijadiin koleksi tanpa dipakai 😄

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P