Tips Memilih Pisau yang Tepat Sebelum Berbelanja

Pisau yang sesuai kegunaan, tajam, awet, apalagi dilengkapi dengan tampilan nan estetik, menjadi pilihan banyak orang. Biar nggak salah sebelum berbelanja, mari simak tips memilih pisau yang tepat berikut ini.

Apa kabar, teman-teman?

Pisau – si tajam yang berguna untuk memotong, mengiris, maupun mencincang. Mulai dari daging, tulang, sayur, buah, maupun roti serta bahan lunak lainnya. Lain bahan, lain pula jenis pisaunya. Tapi ada juga nih pisau serbaguna yang bisa digunakan untuk memotong beberapa bahan. 


Kalau kita lagi hunting pisau di pasar online alias e-commerce, bertaburlah pisau-pisau cantik yang mengundang mata untuk check out sekarang juga, haha… Apalagi kalau pas bertepatan dengan tanggal kembar. Waduww… waduwww… udah dapet diskon, eh gratis ongkir pula. Gimana hati nggak makin tergiur, coba?

Tapi walau secantik dan se-promo apapun, rasanya sayang sekali kalau pisau yang kita beli itu nggak sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Jadi sebelum berbelanja, pastikan dulu kita udah memahami jenis-jenis pisau yang dibutuhkan.


Jenis Pisau Sesuai Kebutuhan

Berikut ini beberapa jenis pisau dapur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan teman-teman:


Pisau Dapur untuk Kebutuhan Rumah Tangga




  1. Chef Knife


Bagi teman-teman yang lagi mencari pisau serbaguna untuk memotong daging, sayur, serta buah dan bahan-bahan lainnya, chef knife ini bisa menjadi pilihan.


Pisau ini berukuran 20 - 30 CM. Walau merupakan pisau serbaguna, tapi nggak bisa untuk memotong tulang, yes.


  1. Boning Knife


Sesuai namanya “boning”, pisau ini bisa digunakan untuk memotong tulang, serta menguliti daging dari tulang. Misalnya teman-teman mau bikin chicken fillet atau steak, bisa pake boning knife ini. 


Pisau ini memiliki tampilan yang panjang dan slim.


  1. Turning Knife


Ini merupakan pisau untuk memotong buah dan kentang untuk bikin french fries. Tampilannya melengkung dan tipis pada bagian bawah, serta ukurannya pun terbilang pendek.


  1. Serrated Cutter


Bagi teman-teman yang membutuhkan pisau untuk memotong roti, mengoles mentega atau mayo, serta memotong puding dan bahan lunak lainnya, bisa gunakan serrated cutter ini. 


Pisau ini memiliki tampilan yang panjang dan bergerigi. Selain untuk bahan-bahan lunak, jenis pisau ini juga bisa digunakan untuk daging serta bahan keras lainnya.


  1. Utility Knife


Ini sama kayak pisau serbaguna, tapi tampilannya lebih kecil. Pisau ini cocok untuk mengiris bawang, serta kebutuhan memasak lainnya.


  1. Vegetable Knife


Pisau jenis ini bisa untuk memotong atau mencincang sayuran dan buah. Tampilannya persegi nan lebar. Pisau ini sering tampil dalam video-video memasak maupun saat chef lagi demo cooking. Vegetable chef memiliki ujung mata pisau yang tajam.


Pisau Khusus Daging


Bagi teman-teman yang memiliki usaha daging potong, ayam fillet, steak, dan sejenisnya, tentu membutuhkan khusus pisau daging. Ini juga memiliki beberapa jenis, di antara berikut ini:


  1. Chef’s Knife


Ini merupakan pisau serbaguna yang bisa untuk memotong daging dan tulang yang besar. 


  1. Meat Cleaver


Ini merupakan pisau dengan tampilan persegi yang berat. Biasanya pisau ini untuk memotong tulang, daging beku, serta mencincang daging. Tapi selain itu juga bisa untuk sayuran dan buah yang besar.



  1. Carving Knife


Pisau ini digunakan untuk memotong daging dalam jumlah yang banyak. Selain itu bisa untuk mengiris daging yang tipis, kayak buat dendeng nih. Carving knife memiliki tampilan yang agak panjang, kisaran 20 CM.


  1. Boning Knife


Boning knife merupakan pisau yang biasa digunakan untuk memotong daging yang lebih keras, kayak daging sapi, domba, kerbau, maupun kambing. Pisau ini memilik panjang 12 - 17 CM.


  1. Japanese Knife


Ini merupakan pisau serbaguna dari Jepang. Pisau ini terbilang lebih tajam, karena bisa untuk menyembelih hewan juga, serta memotong daging.


Japanese knife memiliki gagang yang bundar, dengan bilah pisau yang lebih berat untuk menyembelih hewan. Tampilannya juga lebih kecil, serta cuma bisa untuk memotong daging, nggak untuk tulang.


Pisau Sembelih 


Dalam Islam, menyembelih hewan pun ada hukumnya. Harus dilakukan dalam sekali sayat, biar nggak menyakiti hewan. Karena itu makanya dibutuhkan khusus pisau sembelih yang tajam, bersih, serta nggak berkarat. Pisau yang berkarat bisa mengurangi kadar tajam, nantinya akan sulit untuk melakukan proses penyembelihan sesuai syariat.



Berbelanja Pisau di Tokopedia

Sebagai orang kampung yang dunia belanjanya nggak selengkap macam di Jakarta dulu, haha… Adanya pasar online alias e-commerce tentu sangat membahagiakan hati saya. Contohnya saat membeli pisau dapur, tinggal saya searching di Tokopedia, kemudian pilih-pilih mana pisau yang saya butuhkan.

Nggak lupa dilihat juga material pembuatannya, kualitas brand pun juga menentukan, serta nggak ketinggalan… selalu menanti dengan penuh cinta, promo ongkir dari Tokopedia, haha…


Oke, itu dia tips memilih pisau yang tepat untuk kebutuhan sehari-hari kita. Moga bermanfaat untuk teman-teman semua. Selamat berbelanja. Makasih banyak ya udah mampir.


No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P