Resep Pisang Panggang Basantan

Pisang panggang basantan merupakan kuliner kekinian yang banyak dijumpai di Bukittinggi, Sumatera Barat. Pisang panggang yang disantap dengan kuah santan, kemudian bisa dinikmati juga bersama crackers maupun roti. Mari simak cara membuatnya.

 


Apa kabar, teman-teman?


Ini memang bukan kuliner klasik Minang, tapi pisang panggang basantan ini cukup populer sebagai jajanan atau cemilan di Bukittinggi, Sumatera Barat. Jadi kalau teman-teman pas lagi liburan ke Bukittinggi, jangan lupa untuk nyobain cemilan yang satu ini, yes.


Konon kuliner ini berawal dari kedai HM Zen di Bukittinggi. Pisang ambon yang dipanggang beserta kulitnya, sampe terlihat agak lembek. Wanginya nggak terkira saat dipanggang, haha… Abis itu kulitnya dikupas, kemudian disajikan dengan kuah santan yang bisa dibilang sama dengan kuah kolak, cuma nggak dikasih gula merah ya. Jadi warnanya tetap putih.


Nggak lupa lengkapi juga dengan beberapa keeping crackers atau lembaran roti tawar. Pisang panggang basantan pun siap untuk dinikmati.


Selain menggunakan pisang ambon, juga bisa kok pake pisang kepok. Mana tau pas teman-teman bikin kolak, trus pisangnya ternyata masih sisa. Nah bisa dibikin pisang panggang basantan aja nih.


Selain itu, teman-teman tentu juga bisa bikin godok batinta – pisang bejek bercampur tepung yang digoreng hingga kuning keemasan. Kemudian disantap dengan saus gula merah. Cara memasaknya bisa ditengok  di sini ya -) Resep Godok Batinta


Karena kita nggak bisa tiap hari liburan ke Bukittinggi, haha… Jadi nggak ada salahnya kan ya, kalau memasak sendiri di rumah. Tentu ini menggunakan takaran ala saya, yang disesuaikan dengan kualitas bahan di tanah rantau.


Pisang panggang basantan ini kuah santannya memang nggak dikasih gula. Jadi rasa manisnya udah alami dari pisang aja. Kelapa Sumbar ini kan rasanya memang lebih gurih. Sementara kelapa Jakarta rasanya cenderung hambar. Jadi resepnya saya kasih sedikit gula pasir ya. Jangan banyak-banyak, karena nantinya akan dikasih topping kental manis juga.


Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya…


 

Cara membuat pisang panggang basantan, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:


10 buah pisang ambon

1 liter santan dari setengah butir kelapa

5 sdm gula pasir

1 lembar daun pandan, potong menjadi beberapa bagian

 

¼ sdt garam

¼ sdt vanilli


 

Topping:


Crackers atau roti

Kental manis putih

 


Lalu ini ya cara memasak pisang panggang basantan:


Susun pisang di atas wajan, kemudian panggang dengan api agak pelan. Kulitnya nggak dikupas ya.


Jangan lupa dibalik, biar matang kedua sisinya. Panggang sampe terlihat agak lembek.


Selanjutnya kita masak kuah santannya. Masukkan santan, gula pasir, daun pandan, garam, dan vanilli. Masak dengan api sedang sampe mendidih. Sering-sering diaduk ya, biar santannya nggak menggumpal.


Kalau udah mendidih, cepat matikan api, biar nggak meluap.


Kupas kulit pisang, kemudian susun di atas piring. Siram dengan kuah santan.


Lengkapi dengan crackers atau roti di pinggirnya.


Terakhir, kasih topping kental manis. Jadi kuah santannya nggak usah manis banget ya, biar nggak kemanisan setelah dikasih kental manis.

 


Kalau teman-teman mau menggunakan santan instan, bisa pakai 2 bungkus santan instan ukuran @65 ML. Sisanya tinggal ditambah air. Bisa juga gunakan fiber creme, kalau mau lebih sehat. Takaran diatur sendiri aja ya, hehe… Nanti saya bikin juga deh yang menggunakan kuah fiber crème.


Mau pakai susu full cream juga nggak kalah lezatnya ini. Sebelumnya saya juga udah pernah masak. Langsung mampir aja ya ke -) Pisang Panggang Kuah Susu


Pisang panggang basantan ini enak untuk disajikan menu sarapan, maupun cemilan sore.


Ini rekaman cara memasaknya ya:

 


Oke, itu dia resep pisang panggang basantan yang saya buat. Moga bisa jadi rekomendasi menu sarapan maupun cemilan teman-teman ya. Makasih banyak udah mampir.

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P