Resep Godok Batinta (Godok Saus Gula Merah)

Godok batinta – cemilan khas Minang dari olahan pisang campur tepung, serta bahan lainnya. Kemudian digoreng sampe kuning keemasan. Tampilannya pun kayak bola-bola. Disantap dengan adukan saus gula merah, yang warnanya kehitaman kayak tinta. Mari simak cara membuatnya.

 


Apa kabar, teman-teman?


Pernahkah teman-teman membeli pisang ambon maupun pisang kapok, kemudian karena lupa mau dimakan, eh jadi kematengan. Mau dimakan langsung rasanya agak malas ya, karena udah lembek-lembek gitu, hehe… Tapi mau dibuang kan rasanya sayang juga, karena toh baru kematengan aja, belum busuk.


Nah kalau teman-teman pas lagi punya pisang yang udah agak dalu, alias kematengan, bisa dibikin godok batinta aja. Bukan berarti nggak bisa menggunakan pisang yang masih segar, tapi kalau pake pisang yang udah mateng banget, nanti rasanya akan lebih wangi. Asalkan pisangnya belum asam ya.


Godok batinta, ini merupakan salah satu cemilan khas Minang. Bahan utamanya menggunakan pisang. Bisa pake pisang ambon, pisang kepok, dan kalau memang ada jenis pisang lainnya juga bisa digunakan kok. Yang paling mudah didapat memang pisang ambon ya.


Pisang ini nantinya dibejek-bejek sampe setengah halus, maupun halus banget. Kalau saya lebih suka yang setengah halus, biar lebih berasa pas dimakan. Kalau pake pisang yang udah mateng banget, bejek-bejeknya juga jadi lebih gampang.


Kemudian dicampurkan dengan tepung-tepung serta beberapa bahan lainnya. Dikasih sedikit baking powder biar lebih mengembang pas digoreng. Jadi nanti pas tuang adonannya, nggak usah banyak-banyak ya, karena nantinya akan mengembang dan berbentuk bola-bola.


Goreng adonan godok sampe kuning keemasan atau cokelat muda. Oh ya, goreng dengan minyak yang udah panas ya, biar nanti godoknya nggak menyerap minyak.


Kalo udah mateng, lanjut deh bikin saus gula merahnya. Nanti teman-teman bisa pilih gula merah yang warnanya kehitaman, tapi jangan yang rasanya pahit ya. Saus gula merahnya ini agak kental, jadi dikasih sedikit maizena juga. Warnanya nanti akan kehitaman kayak tinta. Makanya cemilan ini dinamakan godok batinta.


Udah deh, tinggal diaduk godoknya dengan saus gula merah. Karena pake tepung beras yang lebih banyak, tampilannya itu akan lebih padat. Rasanya tuh kayak makan bolu pisang jadul gitu. Kalau teman-teman mau bikin yang lebih lembut kayak bakwan, nanti takaran tepung terigu dan tepung berasnya dibalik aja.


Godok batinta ini enak untuk sarapan. Kalau di kampung ini suka ada di kedai-kedai sarapan. Bisa juga dijadikan bekal anak sekolah. Nanti saus gula merahnya ditempatkan terpisah aja. Cemilan ini juga suka dijadikan menu takjil. Kalau pas Ramadan, pasti dijual di kedai-kedai takjil khas Minang.


Semasa kecil dulu, tiap Ramadan, almarhumah nenek selalu bikin godok batinta ini. Biasanya tukar-tukar dengan kolak pisang. Sampe akhirnya saya bisa bikin sendiri. Kami memang pada doyan banget godok batinta ini, haha…


Yuk sekarang simak cara membuatnya…

 


Cara membuat godok batinta, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:


500 gram pisang

50 gram tepung beras (5 sdm)

10 gram terigu (1 sdm)

10 gram maizena

 

½ sdt baking powder

¼ sdt garam

Secukupnya minyak goreng


 

Saus Gula Merah:


200 gram gula merah

125 ml air (1/2 gelas kecil)

2 lembar daun pandan, sobek-sobek

 

Sedikit kayu manis

½ sdt maizena, aduk dengan sedikit air

¼ sdt garam

 

 

Lalu ini cara memasak godok batinta:


Kupas pisang, kemudian bejek-bejek. Bisa setengah halus maupun sampe halus


Campurkan tepung beras, terigu, maizena, baking powder, dan garam. Aduk sampe merata, udah nggak ada lagi gumpalan tepungnya.


Panaskan minyak goreng, tunggu sampe panas ya biar nanti adonan godoknya nggak nyerap minyak.


Masukkan adonan 1 sdm aja. Misal kelihatan dikit nggak apa-apa, karena nantinya akan mengembang.


Goreng adonan godok dengan api sedang, jangan lupa dibalik ya.


Kalau udah kuning keemasan, angkat dan tiriskan.


Selanjutnya kita bikin saus gula merahnya. Masukkan gula merah, air, daun pandan, dan kayu manis ke dalam panci, kemudian masak sampe gula merahnya meleleh. Pake api pelan aja.


Kalau udah. Saring gula merah, kemudian campurkan larutan maizena, garam, dan kayu manis. Masak dengan api sedang sampe agak mengental. Jangan kental banget ya, nanti pas dingin bisa keras.


Matikan api, lalu masukkan godok dan aduk sampe merata.



Kalau misalnya teman-teman nggak mau bikin saus gula merahnya, adonan godoknya bisa ditambahkan sedikit gula pasir aja. Tapi kalau pisangnya udah mateng banget, biasanya udah manis kok.


Ini dia rekaman cara membuatnya…



Oke, itu dia resep godok batinta yang saya buat. Moga bisa jadi rekomendasi cemilan teman-teman ya, terutama bagi yang penyuka olahan pisang. Makasih banyak ya udah mampir.

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P